Sunday, November 13, 2011

TOPONIM KOTAGEDE DALEM MUSTAHALAN


Dalem Mustahalan berada sekitar 380 meter di barat laut Pasar Kotagede. Lokasi persisnya, yaitu di kampung Mranggen RT 30 RW 06 Prenggan. Dalem Mustahalan wujud secara fisik sudah tidak ada. Kini, yang tinggal di bekas Dalem Mustahalan adalah permukiman padat penduduk, yang beberapa penghuninya adalah keturunan dari Raden Amatdalem Mustahal. Amatdalem Mustahal adalah kepala lurah juru kunci makam dari Kasultanan Yogyakarta. Nama Mustahalan diambil dari nama beliau. Amatdalem adalah gelar jabatan. Jabatan Amatdalem ini turun temurun diperoleh dari nenek moyang mereka sesudah masa Perang Jawa (1825-1830), ketika kebanyakan para pejabat makam waktu itu melarikan diri, karena salah satu juru kunci Solo dipenggal kepalanya oleh pemberontak.
            Di kawasan ini, dahulu pernah berdenyut berbagai aktivitas kesenian seperti tari-tarian dan ketoprak. Selain aktivitas seni budaya, di Dalem Mustahalan juga pernah berdiri Sekolah Taman Kanak-Kanak. Diantara guru sekolah tersebut ada yang berasal dari keturunan Amatdalem Mustahal.
            Sayang, kini pendapa dan rumah induk Mustahalan tersebut sudah raib, berganti permukiman padat penduduk yang tak beraturan. Nama Mustahalan mulai dilupakan orang. Karena berada di wilayah Kampung Mranggen, kini masyara­kat lebih sering menyebut Mustahalan dengan sebutan, Mranggen. (Erwito Wibowo, Hamid Nuri, Agung Hartadi: TOPONIM KOTAGEDE, 2011)

No comments:

Post a Comment